Blog ini adalah Field untuk Ujian Praktek Mata Pelajaran TIK, SMP NEGERI 1 CILEDUG Kab. Cirebon

Selasa, 19 Mei 2009

pilihan hidup

Manusia Biasa dan Pilihan HidupOleh: Ade "Joe" Candra, S.Hut (Staff GIS)
Tuhan yang Maha baik memberi kita rezeki, tetapi kita harus menjemput untuk mendapatkannya.Demikian juga Jika kita terus menunggu waktu yang tepat, mungkin kita tidak akan pernah mulai.Mulailah sekarang ... mulailah di mana kita berada sekarang dengan apa adanya.Jangan pernah pikirkan kenapa kita memilih sesuatu untuk dicintai,tapi sadarilah bahwa cintalah yang memilih kita untuk mencintainya.Maka tentukanlah pilihanmu untuk masa depanmu !!!. (Sia Pacoba)
Lengkap sudah kebahagiaanku sebagai seorang insan yang penuh cita-cita karena lulus dari perguruan tinggi dan bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meninggi. Walaupun pada intinya, pekerjaan pada saat ini buatku adalah sebatas pengabdian, pencarian jati diri dan penambah pengalaman serta penerapan hidup secara ilmiah layaknya manusia normal. Ada dua persimpangan yang harus aku pilih untuk untuk melangkah lebih jauh ke depan demi sebuah kebahagiaan dan kedamaian. Dua pintu ajaib (Doraemon-Red) di persimpangan itu siap membawaku ke bagian lain bumi yakni Jambi atau Lampung, karena keduanya menawarkan sesuatu (pekerjaan, pengalaman dan petualangan) untuk hidupku yang masih penuh tanda tanya. Dengan segala pertimbangan dan renungan akhirnya aku memilih untuk ke Jambi yang tidak jauh dari kota asalku Lintau. Selamat tinggal Bogor yang telah menjadi kota keduaku termasuk semua yang pernah aku cintai serta cerita indah dan ngalor ngidulnya hidupku di sana.
Jambi yang terletak ditengah-tengah Pulau Sumatera (GIS bo!) dengan tingkat illegal logging yang tinggi (data Citra Satelit) menjadi bagian hidupku sampai sekarang (Welcome to mylife-simple plan). Jambi yang mempunyai empat taman nasional dan yang terbukti sebagai daerah endemik malaria telah merubah pola fikirku untuk lebih dewasa, dan tetap survive hidup di alam. Sebagai seorang staf GIS dan Remote Sensing yang bertugas untuk memetakan TNBD dengan permasalahannya, aku juga harus mengenal kehidupan manusia yang berada dalam kawasan dan interaksinya terhadap alam lingkungan. Masa orientasi aku lewati di dalam Taman Nasional Bukit 12 untuk mengenal secara dekat kehidupan Orang Rimba (ditempatku lebih dikenal dengan orang kubu yang imagenya agak kurang baik) serta masyarakat melayu yang punya kebiasaan berladang diselingi masyarakat pendatang (warga trans) yang lebih ulet.
Cerita yang tidak akan pernah lupa dalam hidupku adalah ketika harus berjalan tertatih-tatih dimalam hari yang gelap gulita sementara hujan plus suara binatang malam saling bersahutan, supaya sampai diperkampungan terdekat karena kebetulan kakiku sudah dijalari bisa kaki seribu (sedikit pakai majas metafora-red). Sedikit banyak ilmu yang kudapat berpengaruh untuk keselamatanku dan sekali lagi jangan panik. Begitu pentingnya teman dalam hidup memang terbukti dikala kita sedang berbahagia dan mengalami kesusahan, itu yang kurasakan malam tersebut. Sebenarnya hutan belantara merupakan sesuatu yang sudah akrab dengan diriku semenjak kecil, tapi tinggal dan tidur layaknya Orang Rimba adalah hal baru yang unik bagiku. Mereka begitu bersahabat dan menyatu dengan alam walaupun terkadang mereka terlalu berlebihan untuk mengungkapkan sesuatu yang menurut pandangan kita adalah biasa. Alam yang terkadang adalah tempat indah untuk menentramkan hati namun akan menjadi marah apabila dirusak tidak bisa dipisahkan dalam hidup Orang Rimba, mulai dari mereka lahir, tumbuh, berkembang, besar, berumah tangga sampai mereka kembali dikubur disana.
Indahnya hidup dalam hutan yang jauh dari kebisingan seakan dapat menghilangkan beban hidup yang menghimpit, akan terasa merenduh jiwa tatkala terdengar tawa polos anak-anak rimba yang penuh ceria mengekspresikan diri. Mereka telah mengajarkan kepadaku bagaimana seharusnya bertahan hidup dan pentingnya arti kebersamaan. Gemericik air sungai, nyanyian Burung Murai Batu yang syahdu, derai tawa dan teriakan khas membahana menjadi satu menyapa jiwa ketika aku bercengkrama dengan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog ini

Materi ujian praktek terdiri dari: 1. Posting artikel dengan tema bebas (diutamakan disisipi gambar atau video) 2. Penambahan gadget baik berupa slide gambar, jam, game dll. (berikan judul sesuai nama dan kelas Anda) 3. Jika Anda sudah mempunyai blog, jadilah pengikut blog ini

Arsip Blog

Pengikut