Blog ini adalah Field untuk Ujian Praktek Mata Pelajaran TIK, SMP NEGERI 1 CILEDUG Kab. Cirebon

Senin, 18 Mei 2009


nama:dila anggraeni

kelas:9c

no:08-005-101-4



Dasarnya mahluk Allah yang namanya manusia, termasuk mahluk yang nggak suka di kritik termasuk kamu-kamu juga lho. Hayo ngaku? Padahal apa yang kamu sukai bisa jadi lebih baik untuk kamu daripada yang kamu benci lho!Kritik terkadang rasanya manis tapi tak jarang juga pahit, tergantung kita bagaimana mencerna sebuah kritik. Banyak motivasi yang membuat orang lain atau diri kita sendiri dalam memberikan kritik. Satu contoh, kamu pumya temen cewek yang kece banget tapi sikapnya gaul abis, sampai-sampai keluar batas syari'ah. Karena kamu nggak mau temen cewek kamu kena murka allah, maka keluarlah kritikan dari kamu. Dalam kasus ini motivasi yang ada pada kamu adalah rasa sayang pada keluargamu yang satu iman.Tapi ada juga lho yang ngritik asal ngritik, pokonya karena doi nggak seneng sama perbuatan kamu atau sebaliknya kamu ngritik setiap perbuatan orang karena nggak seneng sama orangnya, pernah nggak?Any way, sebetulnya semua kritikan itu sifatnya baik, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Seorang sahabat Rosulullah, Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan satu tips menghadapi kritik. Begini katanya,"Perhatikan apa yang diucapkan orang lain pada kita, dan bukan siapa yang mengucapkan kepada kita." Di bawah ini ada sedikit cara untuk menerima dan melancarkan kritik.


Menyerang...

Pepatah perang mengatakan, pertahanan yang baik dalam sebuah peperangan adalah menyerang. Hati-hati berhadapan dengan orang yang seperti ini. Tipe yang seperti ini biasanya kalau tau dirinya melakukan kesalahan dan akan di kritik orang lain, dia selalu lebih galak dari lawan bicaranya. Cara ini boleh juga kamu adopsi, tapi jangan sampai kelewatan, karena kalau keterlaluan kamu bisa jadi orang yang otoriter dan nggak mempan kritikan.Okey!


Bertahan...

Kamu-kamu yang punya bakat bertahan jika menerima kritikan, kayaknya punya bakat juga menjadi anak yang manis, santun dan low profile. Tapi sayangnya kalau cara ini keterusan, bisa-bisa kamu orang yang kalau menerima kritikan, masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Yang penting lawan bicaramu puas dan bisa mengalihkan topik pembicaraan. Jangan di terusin deh sifat yang seperti ini, bertahan sih boleh aja asal ada juga perhatiannya. Karena kalau nggak, kamu bisa jadi orang yang super cuek yang merugikan diri kamu sendiri.


Kombinasi...

Cara yang ke-3 dalam menerima kritikan adalah gabungan cara satu dan dua. Kalau kamu bisa melakukan cara ini dengan mulus dan lancar, terbukti kamu adalah orang yang tau diri dalam keadaan. Kamu tau kapan harus menyerang dan kapan waktunya harus bertahan. Jarang tuh orang yang bisa seperti ini. Ini adalah sikap bijak yang harus dijaga dan dikembangkan. Orang-orang yang punya cara kombinasi ini adalah orang yang tak takut di kritik.Nah jadi kamu-kamu yang punya sifat salah satu dari sini, coba belajar dan bersifat lebih dewasa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog ini

Materi ujian praktek terdiri dari: 1. Posting artikel dengan tema bebas (diutamakan disisipi gambar atau video) 2. Penambahan gadget baik berupa slide gambar, jam, game dll. (berikan judul sesuai nama dan kelas Anda) 3. Jika Anda sudah mempunyai blog, jadilah pengikut blog ini

Arsip Blog

Pengikut